Standar Mutu….

Sekilas mendengar istilah standar mutu, kita seringkali teringat akan satu istilah, yaitu ISO. ISO, Organisasi Internasional untuk Standardisasi yang berkantor pusat di
Jenewa, merupakan lembaga swadaya masyarakat (LSM atau NGO = Non-Governmental
Organization) penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari
badan standar nasional setiap Negara yang bekerja sama telah menghasilkan lebih
dari 17.000 standar internasional untuk bisnis, pemerintahan dan masyarakat
umum.
Pada awalnya, singkatan dari nama lembaga tersebut adalah IOS dalam bahasa
Inggris (International Organization for Standardization) atau OIN dalam bahasa
Perancis (Organisation internationale de normalisation) sebelum akhirnya
ditetapkan menggunakan nama ISO, diambil dari bahasa Yunaniisos yang berarti
sama.
Didirikan pada 23 Februari 1947 di Jenewa, Switzerland. ISO menetapkan
standar-standar industrial dan komersial dunia. ISO pada awalnya dibentuk untuk
membuat dan memperkenalkan standardisasi internasional untuk apa saja. Standar
yang sudah kita kenal antara lain standar jenis film fotografi, ukuran kartu
telepon, kartu ATMBank, ukuran dan ketebalan kertas dan lainnya. Dalam
menetapkan suatu standar tersebut mereka mengundang wakil anggotanya dari 170
negara untuk duduk dalam Komite Teknis (TC = Technical Committee).

ISO 9001:2008 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen Mutu / kualitas. ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan – persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu. ISO 9001:2008 bukan merupakan standar produk, karena tidak menyatakan persyaratan – persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah produk (barang atau jasa). ISO 9001:2008 hanya merupakan standar sistem manajemen kualitas. Namun, bagaimanapun juga diharapkan bahwa produk yang dihasilkan dari suatu sistem manajemen kualitas internasional, akan berkualitas baik (standar).

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Quality Management Systems (ISO 9001:2008) adalah Merupakan prosedur terdokumentasi dan praktek – praktek standar untuk manajemen sistem, yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu, dimana kebutuhan atau persyaratan tertentu tersebut ditentukan atau dispesifikasikan oleh pelanggan dan organisasi.

Manfaat Penerapan ISO 9001:2008 adalah :

• Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan
• Jaminan Kualitas Produk dan Proses
• Meningkatkan Produktivitas perusahaan & “market gain”
• Meningkatkan motivasi, moral & kinerja karyawan
• Sebagai alat analisa kompetitor perusahaan
• Meningkatkan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok
• Meningkatkan cost efficiency & keamanan produk
• Meningkatkan komunikasi internal
• Meningkatkan image positif perusahaan
• Sistem terdokumentasi
• Media untuk Pelatihan dan Pendidikan

Penerapan standat mutu ISO dalam suatu perusahaan memegang peranan yang cukup penting, apalagi bagi perusahaan manufaktur yang memiliki pasar yang cukup luas. Terkadang pasar meminta produk yang sudah berstandar internasional.
Penerapan ISO bukan hanya sekedar mengumpulkan dokumen – dokumen pendukung, yang memang harus disediakn, melainkan penerapan langsung pada sistem yang ada dalam perusahaan. Dimulai dari sistem administrasinya, sistem produksinya, delivery-nya, hingga after sales service-nya. Semua harus memenuhi standar yang diterapkan.

Di Indonesia terdapat satu standar mutu nasional, yang biasa kita kenal SNI. Standar Nasional Indonesia (disingkat SNI) adalah satu-satunya standar yang berlaku secara nasional di Indonesia. SNI dirumuskan oleh Panitia Teknis dan ditetapkan oleh BSN (Badan Standarisasi Nasional). Standar ini digunakan untuk men-standarkan produk masal yang nantinya akan digunakan oleh semua orang.
Coba perhatikan produk – produk seperti Helm, Tabung Gas LPG, konstruksi bangunan, dan masih banyak lagi, biasanya terdapat logo SNI. Artinya adalah produk-produk tersebut telah lulus uji standar nasional.
p
Inti dari penarapan standar mutu adalah terjaganya kualitas hasil dari suatu produk.
“Do what you write and write what you do”
Semacam suatu sistem knowledge sharing yang memungkinkan setiap orang untuk menghasilkan yang sama dengan kualitas yang sama pula. Sehingga akan mengurangi ketergantungan terhadap satu orang saja.

[dari berbagai sumber]


4 thoughts on “Standar Mutu….

  1. Salam Kenal saya mengajar ttg mutu, apabila mutu dijadikan program studi kekhusususan mutu materi apa saja yang bisa masuk kekurikulum S1 mutu….. mohon sarannya, thanks

  2. Salam kenal juga..sebelumnya terima kasih atas kunjungannya..sebenernya saya belum begitu menguasai tentang materi ini..sama2 lagi belajar juga..

    Kalo sekedar sharing, untuk materi standar mutu, anda bisa menggunakan ISO, yang sekarang sudah ada ISO 9001:2008 (tapi belum d terapkan), atau SNI, yang bisa anda cari di situs Badan Standarisasi Nasional.
    Anda juga bisa menggunakan Kaizen (mutu versi Jepang). Itu bisa di gunakan secara global.

    Untuk lebih spesifik, ada banyak standar dalam ISO..tentang produk, keselamatan kerja, lingkungan, dll.
    Ada banyak literature..anda bisa mencarinya. Terima kasih

  3. Maaf Sdr Wangtry, sepertinya yang anda tulis di blog ini benar tapi keterkaitannya masih kurang pas, jadi mohon hati-hati dalam menuliskan hal ini pada blog anda sebab dapat menimbulkan salah persepsi meskipun tidak fatal tapi tetap yang anda sampaikan masih belum pas, karena mencampur adukkan antara sistem manajemen mutu dengan tanda SNI produk. kedua hal ini memang ada keterkaitannya tapi tidak seperti yang sudah saudara jelaskan otomatis begitu saja, mohon hal ini bisa anda cross check dulu dengan personil BSN atau KAN agar penjelasan dalam blog saudara dapat membantu kami dan masyarakat mendapatkan penjelasan yang seperti apa adanya.

    Terima Kasih, dengan segala hormat, atas peran aktifnya dalam menyebarluaskan informasi tentang standar dan SNI.

    Untuk informasi, jika ingin mengetahui sistem manajemen mutu apa saja yang perlu diajarkan dalam dunia perkuliahan silahkan menghubungi diklat BSN (Badan Standardisasi Nasional) di no. 021-5747043/44 ext. 270, karena kami sedang melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia untuk memasukkan materi standardisasi dalam kurikulum pendidikan perguruan tinggi.

  4. Mas wangtry teruslah menulis di blog kesalahan adalah biasa saya mendukung upaya pencerdasan bangsa dengan melis di blog, masukan dari teman-teman lain adalah sangat bermanfaat dan menjadi pertimbangan pada tulisan berikutnya. Saya berterima kasih juga dengan mas novin, dan sebaiknya dalam balasan ini langsung menjelaskan dimana gap nya dan paparkan yang seharusnya. Mari kita cerdaskan bangsa ini melalui ibadah yang bersahaja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s